Healthy Life

Apa itu Makanan Organik ?

Makanan organik adalah makanan yang diproduksi dan diproses secara konvensional. Istilah organik sering digunakan untuk mengelompokkan makanan nabati (tumbuhan seperti sayuran, buah, atau biji-bijian) yang ditanam tanpa pestisida.

Istilah makanan organik ini juga digunakan untuk daging, unggas, telur dan produk susu yang diproduksi tanpa menggunakan antibiotik atau hormon pertumbuhan. Pertanian dan peternakan organik tidak menggunakan bio-engineering, radiasi ion, zat semprot pestisida, ataupun pupuk yang dibuat dengan bahan-bahan sintetis atau limbah lumpur.

Benarkah Makanan Organik lebih sehat ?

Makanan organik pada umumnya mengandung sedikit bahan yang terkontaminasi dan diproduksi secara tradisional. Namun, USDA sendiri tidak membuat klaim bahwa makanan yang organik lebih bergizi daripada makanan yang diproduksi secara konvensional.

Intinya, setiap bahan-bahan atau produk organik yang Anda dapatkan tidak serta merta sehat bila dimakan atau dikonsumsi langsung. Apapun makanan yang organik (seperti sayur dan buah umumnya) harus dicuci terlebih dahulu sebelum dimakan karena makanan organik masih bisa terkontaminasi oleh kotoran, serangga, atau residu pestisida.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *